Contoh ekosistem alam dan buatan beserta gambarnya

Contoh-ekosistem-alam-dan-buatan-beserta-gambarnya

Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk dengan memelihara hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan fisik yang mengelilinginya. Kesatuan tatanan tersebut bersifat menyeluruh antara unsur-unsur lingkungan dan kehidupan yang saling mempengaruhi. Ekosistem meliputi makhluk hidup yaitu hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya, serta lingkungan tak hidup (abiotik) seperti cuaca, matahari, bumi, iklim, air, atmosfer, dll. Berikut adalah beberapa contoh alam dan buatan manusia ekosistem beserta gambar yang berbunyi sebagai berikut:

Contoh-ekosistem-alam-dan-buatan-beserta-gambarnya
Contoh ekosistem alam

Berikut ini adalah beberapa contoh ekosistem alami:
1. Ekosistem hutan gugur

Ekosistem hutan gugur

Hutan gugur adalah hutan yang ditandai dengan pohon-pohon yang menggugurkan daunnya pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Hutan gugur berada di antara 30°-40° Lintang Utara dan Lintang Selatan dengan iklim sedang. Contohnya adalah Cina, Korea, Jepang dan Australia. Ekosistem hutan gugur terdiri dari tumbuhan seperti ek, pinus, cemara, kayu putih, dll. Sedangkan fauna di ekosistem hutan gugur terdiri dari rakun, harimau, rusa, panda, beruang, tupai, dan sebagainya.
2. Ekosistem hutan hujan tropis

Ekosistem hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis adalah kumpulan spesies pohon yang berbeda dengan suhu hangat, lembab, dan curah hujan yang sangat tinggi. Hutan hujan tropis terletak di sekitar khatulistiwa antara 23.5o utara dan 23,5o selatan dan terkonsentrasi antara 10o utara dan 10o selatan. Contoh hutan hujan tropis adalah yang ada di Brazil di sekitar Amazon dan pulau Kalimantan. Ekosistem hutan hujan tropis sangat kaya dan beragam. Tumbuhan di ekosistem hutan hujan tropis seperti pohon jati, pinus, anggrek, pohon mahoni, dll. Hewan yang ada di ekosistem hutan hujan tropis antara lain kupu-kupu, monyet, gajah, babi rusa, burung beo hitam, kasuari, dan sebagainya.
3. Ekosistem padang rumput

Ekosistem padang rumput

 

Padang rumput adalah dataran yang ditumbuhi rerumputan pendek dan tanaman tidak berkayu tanpa pohon. Padang rumput umumnya terjadi di daerah dengan curah hujan yang sedikit, sehingga hanya tanaman rumput yang dapat tumbuh di sana dan ketinggian sekitar 900 hingga 4.000 meter di atas permukaan laut. Contoh padang rumput di Indonesia adalah yang ada di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Ekosistem padang rumput terdiri dari rerumputan dan semak belukar. Sedangkan hewan yang ditemukan di padang rumput biasanya juga herbivora, seperti rusa, kambing liar, gajah, jerapah, dll. Karena padang rumput merupakan rumah bagi beberapa jenis tanaman berbunga, lebah juga dapat ditemukan di sini.
Baca lebih lanjut: Steganografi adalah

4. Ekosistem laut

Ekosistem laut

Laut adalah air asin yang mengelilingi daratan, yang mengisi 70 persen permukaan bumi. Karena lautnya sangat luas dan dalam, ia menjadi kaya akan ekosistem. Ekosistem laut mengandung hewan laut yang berbeda dengan hewan air tawar. Ekosistem laut dibagi menjadi tiga zona berdasarkan kedalamannya, yaitu zona pesisir, zona neritik, dan zona samudera. Setiap zona memiliki ekosistem yang berbeda. Ekosistem laut umumnya terdiri dari ikan, terumbu karang, alga, invertebrata bahkan mamalia.
5. Ekosistem gurun

Ekosistem gurun

Gurun pasir merupakan daerah dengan curah hujan yang sangat sedikit, kurang dari 250 mm/tahun. Ciri utama gurun adalah fluktuasi suhu yang ekstrim, sehingga batuan yang lapuk membentuk lautan pasir. Karena sangat kering, hampir tidak ada kehidupan di gurun, termasuk tidak ada tanaman. Meski begitu, makhluk yang hidup di gurun pasir harus bisa beradaptasi dengan lingkungan ekstrem ini. Gurun pasir umumnya terletak antara 20-30 derajat lintang utara dan selatan, seperti di Afrika Utara, Asia Tengah, Timur Tengah, Australia, dan Amerika Serikat. Ekosistem gurun umumnya terdiri dari tumbuhan seperti kaktus dan kurma. Sedangkan hewan di ekosistem gurun terdiri dari unta, ular, kadal dan serangga.
6. Ekosistem danau

Ekosistem danau

Danau adalah badan air yang terletak di tengah daratan, tepatnya di cekungan di daratan. Danau umumnya berisi air yang segar, bersih, dan tenang. Danau tersebar di banyak pulau dan benua. Danau terbesar di dunia adalah Danau Kaspia, sedangkan danau terbesar di Indonesia adalah Danau Toba. Ekosistem laut umumnya terdiri dari ikan, udang, alga, eceng gondok, dan sebagainya.
7. Ekosistem hutan sabana

Ekosistem hutan sabana

Hutan sabana merupakan hutan yang lebih banyak ditumbuhi rerumputan, semak atau perdu, sehingga sering disebut dengan padang rumput. Hutan sabana terbentuk di daerah yang iklimnya campuran antara tropis dan subtropis. Hutan sabana muncul karena kurangnya curah hujan. Hutan sabana

 

Lihat Juga : Definisi cek: definisi, istilah, deskripsi, anugerah