5 Cara Menghilangkan Virus di HP Android Paling Mudah

Hapus Virus di Android

menghilangkan-virus-hp

Halo sobat Beritamu, jumpa lagi dengan kami yang sudah datang untuk berbagi informasi seputar teknologi dan aplikasi mod dan apk premium gratis. Nah kali ini admin Beritamu akan membagikan dan membahas cara menghilangkan virus di Android.

Musuh utama pengguna gadget adalah virus. Terlepas dari jenis gadget yang digunakan, virus dapat muncul kapan saja, data penting dari ancaman dan privasi kita.

Virus sangat berbahaya bagi perangkat kita karena dapat mencuri data, menurunkan kinerja, menggunakan RAM, menghabiskan paket internet, dan merusak perangkat.

Virus dan malware lainnya biasanya berperilaku seperti program biasa yang biasanya diinstal dengan program lain. Ini juga berfungsi saat mengunduh sesuatu dari Internet dari situs yang tidak dijamin valid.

Pada umumnya virus hanya mengganggu eksekusi software pada gadget. Namun, beberapa virus juga secara tidak langsung dapat merusak perangkat keras Anda dengan memaksa proses yang melebihi kapasitas perangkat keras Anda.

Perangkat Android yang berjalan di sistem operasi juga kebal terhadap ancaman virus. Perangkat penting sebagai alat utama bagi sebagian orang untuk menyimpan privasi dan data penting, perangkat Android akan menjadi mangsa banyak virus.

Ada beberapa cara virus dapat menyerang perangkat Android. Anda dapat menginstal aplikasi tertentu, menghasilkan notifikasi yang mengganggu, melakukan panggilan senyap, atau hanya mengurangi jumlah RAM untuk mengurangi kinerja perangkat.

Seringkali, banyak orang yang bingung menghadapi virus ini. Meski sudah banyak bermunculan program antivirus untuk sistem Android, namun beberapa di antaranya diduga mengandung virus.

Bahkan beberapa orang rela kehilangan datanya dengan melakukan factory reset atau install ulang perangkat untuk menghadapi virus tersebut. Cara ini dianggap sebagai cara paling aman untuk mengatasi masalah virus yang bermasalah ini.

Cara Menghapus Virus di Android

Untuk mengetahui cara menghapus virus dan malware Android, Anda harus mencegahnya sejak dini. H. Hanya instal aplikasi dari Google Play Store dan jangan mengakses tautan atau situs web melalui browser atau layanan pesan instan Anda. Jika smartphone Android Anda telah terinfeksi virus atau malware, Anda dapat memperbaikinya dengan:

Cara Menghapus Virus di Android dengan Menginstal antivirus

Seperti laptop dan PC, virus dapat dihapus dari ponsel Android menggunakan program antivirus. Di Google Play store Anda bisa menemukan banyak merek antivirus terkenal seperti 360 Security, Clean Master, Avast Mobile Security, AVG Antivirus dan masih banyak lagi.

Semua aplikasi antivirus memiliki kelebihan yang berbeda-beda, namun tujuan yang sama adalah untuk menghapus virus dan malware.

Antivirus akan selalu bekerja dan Anda dapat memantau aplikasi baru yang baru saja Anda instal di ponsel Anda. Segera setelah antivirus mendeteksi program atau aplikasi yang mencurigakan, ia akan segera menghapusnya.

Anda juga dapat mengetahui langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk meningkatkan keamanan ponsel Anda. Contoh: Batasi aplikasi yang diinstal hanya untuk sumber tepercaya.

Copot pemasangan aplikasi yang mencurigakan

Beberapa program antivirus memiliki fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi aplikasi potensial yang mengandung virus atau malware.

Jika aplikasi mencurigakan terdeteksi, antivirus secara otomatis akan merekomendasikan penghapusan segera.
Setel Ulang / Setel Ulang Ponsel Android

Jika smartphone Android Anda sudah terinfeksi virus atau malware, langkah terakhir adalah reset baru. Prosedur ini menghapus semua aplikasi kecuali aplikasi standar dari ponsel Anda dan mengatur ulang semua pengaturan ke pengaturan pabrik.

Data pribadi seperti foto, video, dan kontak disembunyikan. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat salinan cadangan terlebih dahulu.

Ciri-ciri Android Terkena Virus atau Malware

Jika Anda cukup berhati-hati, sebenarnya Anda bisa merasakan keberadaan virus dan malware di ponsel Android Anda. Gejala smartphone Android terinfeksi virus atau malware adalah:

Penggunaan kuota internet lebih tinggi. Ini karena ketika virus atau malware mengirimkan informasi pribadi Anda kepada pemiliknya, Anda tanpa sadar mengakses kuota internet Anda. Ini berarti kuota internet Anda rendah. Performa ponsel Android buruk. Kinerja ponsel Android semakin lambat karena banyak aktivitas tersembunyi yang dilakukan oleh virus dan malware. Terlebih lagi, kinerja HP ‚Äč‚Äčterus meningkat, sehingga ponsel Anda cepat panas. Baterai cepat habis. Performa HP membuat baterai HP Anda lebih cepat habis. Tentu saja, ini tidak membantu jika Anda sudah menggunakan aplikasi atau penghemat baterai.

Dan jangan lupa kunjungi website kami, karena kami memiliki banyak trik dan tips serta aplikasi dan game android menarik di Beritamu.co.id, sampai jumpa dan Terima kasih.

Sumber :